Tips Motor; Setting Sederhana Spuyer Korek Harian
SETELAN ANGIN DAN PILOT-JET
Pilot-jet itu spuyer yang diameternya lebih kecil. Takaran anginnya adanya
disetel pada sekrup atau istilahnya air screw. Mengetahui
setelan mendekati akurat terutama ukuran pilot-jetnya,
bisa dideteksi dari putaran setelan anginnya. Caranya, hidupkan mesin, tunggu suhu ideal tercapai.
Naikkan putaran mesin dengan membuka skep kira-lira 1/8 bukaan. Lalu putar air screw
menutup (searah jarum jam) sampai mentok.
Saat diputar montok
itu, eh mentok itu putaran mesin (rpm) seharusnya turun. Nah, jaga supaya mesin jangan sampai mati sembari menahan gas sedikit, lalu
putar kembali setelan anginnya ke kiri (turn out).
Mesin perlahan mulai naik putarannya. Cari RPM tertinggi mesin sambil
menghitung putaran angin.
Bila saat putar
kiri, belum sampai 1 putaran (180 derajat) tapi mesin sudah tinggi tanpa digas, berarti pilot-jet
kekecilan. Biasanya kalau digas kaget akan ngok, seperti kurang besin dan memang kurang.
“Naikkan
satu step pilotnya misalnya 25 jadi 27,5. Tetapi
kalau lebih dari 2 putaran mesin belum teriak atau meninggi, berarti pilot jet kebesaran. Bensin
kebanyakan,” kata Agus
Kenthous, mekanik Manual Tech, Jogja. Idealnya mesin teriak pada putaran 1 ½
putaran. Gampang kan..? Ya lama-lama kalau sering
klik maniakmotor, jadi maniak benaran dengan motor.
MAIN-JET
Giliran
berikutnya main-jet. Biar
tahu pas atau tidak mesin digas pol, karena main-jet melayani putaran tinggi. Lihat teriakan mesin. Mesin harus
mampu meninggi cepat tetapi padat. Kalau teriaknya cepat tetapi enteng bangat, main-jet
kekecilan atau kekeringan. Kondisi ini bahaya buat
mesin.
Paling gampang mending pasang spuyer bensin sedikit kegedean. Saat
digas putaran tinggi, motor tidak mau teriak. Teriakannya malah putus-putus duaarr…. dot…dot….
Nah itu pertanda main-jet besar. Paling gampang, naikkan klip setelan jarum skep.
Hidupkan mesin lagi, bleyer mesin sampai ketemu putaran mesin bersih tapi padat.
Sayangnya menaikkan klip jarum skep berpengaruh pada putaran
tengah. Kalau mau bagus, tetap harus menurunkan main-jet,
satu step demi satustep sampai pas, blar...
blar... blar. Kyaipradah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar